Thursday 15 September 2016

Jika tubuh pendek karena masalah hormon?



Untuk diketahui, tumor hipofisis juga dapat menyebabkan hormon pertumbuhan terganggu. Jika tumor terjadi pada anak, tumbuh kembangnya bisa jadi tidak sempurna sehingga berdampak pada tinggi anak nantinya saat dewasa.

Jika tubuh pendek karena masalah hormon akibat hipofisis biasanya pertumbuhan akan terganggu namun tetap proporsional. Pada dwarfisme akibat kelainan gen, hanya beberapa anggota tubuh yang terpengaruh saja yang lambat tumbuhnya sehingga bentuk tubuh terlihat tidak seimbang.

Jika ingin melakukan suntik hormon pertumbuhan untuk menambah tinggi badan, juga tidak bisa sembarangan. Karena untuk suntik hormon ada prosedurnya. Ini karena jika suntik hormon diberikan pada orang dengan tulang epifisis di tengkorak sudah menutup, maka tidak akan ada pengaruhnya pada tinggi badan.

Karena itu, umumnya pemberian growth hormone untuk orang yang mengalami dwarfisme tidak berbahaya. Lain halnya jika diberikan pada anak-anak normal yang belum menutup tulang epifisisnya. "Memang bisa lebih tinggi tapi muncul gejala kelebihan hormon pertumbuhan," ucap dr Wismandari.

Terkait pertumbuhan tinggi dan berat badan anak, kata dr Aman, sangat penting sehingga harus diperhatikan dengan baik. Sebab pertumbuhan tinggi dan berat badan adalah salah satu indikator untuk menilai kesehatan anak. "Anak yang berperawakan pendek berisiko tumbuh dengan tubuh yang pendek ketika dewasa dan memiliki gangguan perkembangan otak, kemampuan kognitif dan metabolisme," tutur dr Aman.(vit/vit)